Penyakit dan Solusi

Asam Urat dan Solusinya


Asam urat terjadi jika kadar uric acid di dalam ginjal tubuh terlalu berlebihan. Ginjal yang semestinya memfilter uric acid dan melepaskannya ke luar dari tubuh,  gagal untuk bekerja secara normal. Kadar uric acid yang tinggi di dalam darah akan menyebabkan kristal padat mengumpul di berbagai persendian. Ini menyebabkan rasa sakit pada si penderita. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, kristal-kristal uric acid akan menyebabkan pula kerusakan pada batu ginjal.
Beberapa jenis makanan dan minuman yang diketahui bisa meningkatkan kadar purin adalah:
  1. Alkohol
  2. Ikan hearing, sarden dan sebangsanya
  3. Telur
  4. Jeroan; semua bagian yang terdapat dalam perut hewan: usus, hati, jantung, babat, dan limpa.
Catatan : Mengonsumsi jeroan secara berlebihan akan menyebabkan memperburuk kerja enzim hipoksantin dalam mengolah purin.

A. Fakta-fakta seputar asam urat
  1. Tidak semua keluhan sakit sendi dan bengkak yang mengikutinya berarti seseorang mengalami sakit asam urat. Untuk memastikan apakah benar orang tersebut sakit asam urat, hendaknya diperiksakan ke dokter.
  2. Lebih sering diderita oleh pria, sementara kaum perempuan jarang sekali ditemukan kasusnya kecuali pada masa setelah menopause. Kaum perempuan jarang menderita penyakit asam urat karena memiliki hormon estrogen yang berfungsi membantu pembuangan asam lewat urine.
  3. Iklan obat yang menawarkan penyembuhan terhadap sakit asam urat semakin mengacaukan pandangan umum terhadap kebenaran penyakit tersebut.
  4. Kristal-kristal asam (uric acid) dihasilkan oleh metabolisme purin, salah satu komponen asam nukleat ang terdapat pada inti sel-sel tubuh.
  5. Seara alamiah, purin sudah dihasilkan oleh tubuh sebesar 85%. Jadi hanya dibutuhkan 15% purin yang berasal dari asupan makanan.
  6. Makanan yang berasal dari hewan menghasilkan purin lebih besar dibandingkan makanan dari tumbuh-tumbuhan. Ini mengakibatkan orang yang suka makan daging lebih rentan untuk terjangkit penyakit asam urat.
  7. Suku Maori memiliki prevalensi menderita penyakit asam urat paling besar di dunia. Sedangkan di Indonesia, penyakit asam urat diderita oleh masyarakat yang tinggal di pesisir pantai.
B. Penggolongan penyakit asam urat
1. Penyakit gout primer
Penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti. Bisa merupakan gabungan dari faktor genetik dan hormonal yang mengakibatkan produksi uric acid berlebihan sehingga menganggu metabolisme tubuh.
2. Penyakit gout sekunder
Ini disebabkan oleh cara mengonsumsi makanan yang tidak tepat. Orang yang menderita penyakit gout sekunder cenderung teledor dalam memilih makanan, lebih menyukai menyantap hidangan daging yang berpotensi meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.

C. Penyebab penyakit Asam Urat
  1. Penyakit darah (penyakit sunsum tulang, polisitemia)
  2. Penggunaan obat terlarang dan minuman beralkohol
  3. Obesitas/Kegemukan
  4. Penderita diabetes mellitus juga berpotensi memiliki penyakit asam urat
D. Kadar Uric Acid di dalam Darah
Pencatatan kadar uric acid di dalam darah dari laboratorium satu ke laboratorium lain beragam. Tergantung kondisi tubuh si pasien saat melakukan tes darah. Hasil biasanya bisa diperoleh antara 1 sampai 2 hari.
  • Untuk laki-laki : 3,4 – 7,0 mg/dL, Atau 200 – 420 mcmol/L
  • Untuk perempuan : 2,4 – 6,0 mg/dL, Atau 140 – 360 mcmol/L
  • Untuk anak-anak : 2,5 – 5,5 mg/dL, Atau 120 – 330 mcmol/L
E. Produk Yang Digunakan
  1. K-Link Kino
  2. K-Liquid Chlorophyll
  3. K-AyuArtis
  4. K-AyuRin Plus
  5. Gamat Extract
  6. OmegaSqua Plus

Penanganan Batu Ginjal Tanpa Operasi


Batu ginjal adalah batu-batu kecil yang terbentuk di dalam ginjal dan bergerak turun ke dalam pipa kemih (ureter).
Batu-batu ini menyebabkan nyeri yang menusuk pada bagian punggung bawah, saluran air seni atau perut sebelah bawah.
Di dalam kandung kemih, batu-batu tersebut dapat menyumbat saluran air seni (urethra) dan menyebabkan buang air kecil yang nyeri serta sukar ke luar.

A. Penyebab :
  1. Kurang minum sehingga menyebabkan sistem metabolisme tubuh tidak berjalan maksimal. Cairan yang dibutuhkan untuk menggelontor berbagai racun di dalam tubuh tidak mencukupi. Hal ini mengakibatkan urin mengalami kondensasi sehingga membentuk butiran seperti batu.
  2. Tubuh memproduksi asam urat di dalam darah terlalu berlebihan
  3. Infeksi yang terjadi di dalam ginjal yang mempermudah batu ginjal terbentuk.
  4. Faktor genetik. Jika ditemukan salah satu anggota keluarga menderita batu ginjal, hampir dimungkinkan keturunannya berpotensi mengalami hal serupa.
B. Makanan yang harus dihindari bagi penderita batu ginjal :
Rhubarb, Bayam, Soybean crackers, Kacang, Cokelat, Kentang manis. Buah-buahan yang mengandung oxalate dalam ukuran medium, yang bisa dikonsumsi tapi dengan takaran yang tepat: Anggur, Celery, Gtits, Green pepper, Raspbery merah, Fruit cake, Stroberi, Marmalade, Liver
C. Tanda-tanda :
  1. Keluhan pertama yang dirasakan adalah rasa sakit amat tajam atau hebat pada punggung bagian bawah, pinggang atau perut bagian bawah, atau khusus pada laki-laki di pangkal alat kelamin.
  2. Kadang-kadang saluran air kencing tersumbat sehingga penderita sukar buang air kecil, atau tidak dapat melakukannya sama sekali. Darah menetes ke luar ketika penderita mulai buang air kecil
  3. Infeksi sistem air kencing dapat terjadi secara bersamaan.
D. Tindakan :
  1. Minumlah air yang banyak.
  2. Jika penderita tidak membaik dengan minum air atau jika ia mengalami panas, ia harus minum pil sulfonamid, ampicillin, atau tetracycline. Perhatikan dengan saksama mengenai takaran dan peringatannya.
  3. Berikan juga aspirin atau obat penghilang rasa sakit lain dan antispasmodik
  4. Cobalah kencing dalam keadaan berbaring. Tindakan ini kadangkala membuat batu dalam kandung air kencing bergulir ke belakang dan melepaskan sumbatan pada mulut lubang yang menuju saluran air kencing
E. Produk yang digunakan :
  1. K-Link Kino. Awal digunakan sebanyak 3-5 box. Setelah itu, 1-2 pasang dalam seminggu.
  2. K-Liquid Chlorophyll. 3×1 sloki dilarutkan dalam 1 gelas air setiap hari.
  3. K-AyuRin Plus. 2×2 kapsul setiap hari sesudah makan.
  4. SOD Rooibos Tea. Diminum sebagai pengganti air minum sehari-hari.
  5. K-OmegaSqua Plus. 2×2 softgel setiap hari sebelum makan
Pada kasus berat, mintalah pertolongan dokter. Ada kalanya diperlukan operasi (pembedahan).

Radang Usus Buntu (Appendicitis)


Appendicitis adalah radang pada bagian usus yang berbentuk seperti tabung pendek yang buntu, panjang 7 – 10 cm yang tumbuh pada persambungan usus besar dan usus halus. Biasanya berisi lemak dan tidak punya fungsi khusus. Radang dapat terjadi karena tinja yang mengeras atau cacing pada usus. Dan harus segera mendapatkan penanganan dari dokter untuk dioperasi, karena jika tidak segera dapat menyebabkan komplikasi yang serius dalam tubuh.
Gejalanya:
  • Nyeri tajam dimulai pada perut bagian tengah di sekitar pusar dan menjalar ke daerah kanan di bawah perut.
  • Tidak nafsu makan, demam, mual, dan muntah.
Produk yang digunakan, antara lain:
  • K-Liquid Chlorophyll. Dosis: 3×1 sloki dicampur 1 gelas air putih, diminum setengah jam sebelum makan. Tujuannya untuk detoksifikasi.
  • Organic K-Biogreen. Dosis: 3×1 sendok takar dicampur dengan 1 gelas air hangat, diminum setengah jam sebelum makan.
  • Gamat Emulsion. Dosis: 2×1 sloki dicampur 1 gelas air putih, untuk mengurangi peradangan.

Diabetes Anak

image
KOMPAS.com – Diabetes merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling serius di abad ini. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun tak luput dari penyakit diabetes. Bahkan, jumlah kasusnya di Indonesia naik sampai 500 persen dalam tiga tahun terakhir.
Jumlah anak yang menderita diabetes tipe 1 pada tahun 1999 di RS Cipto Mangunkusomo Jakarta hanya 41 pasien. Kemudian pada tahun 2001 hanya ditemukan 64 pasien dari 7 rumah sakit di Indonesia. Menurut ahli endokrinologi anak, dr. Aman Pulungan Sp.A (K), sedikitnya data pasien tersebut bukan karena pasiennya tidak ada tetapi karena kita tidak memiliki sistem pendataan.
Menurut pendataan yang dilakukan oleh tim dokter anak endokrinologi sejak tahun 2009, terjadi peningkatan sampai lima kali lipat dari 156 pasien menjadi 816 pasien sampai dengan Oktober 2012. “Data ini menunjukkan apakah kejadian diabetes tipe 1 mengalami ledakan atau selama ini orang Indonesia tidak tahu tentang penyakit ini,” kata Aman yang juga Presiden Asia Pacific Pediatric Endocrine Society dalam acara media edukasi mengenai Diabetes pada Anak yang diadakan oleh PT. Roche di Jakarta, Rabu (7/11/12).
Sementara itu menurut Titi Sari Renowati dari Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI, data pasien diabetes tipe 1 yang pernah dirawat inap di tahun 2010 ada 1956 pasien, turun dari tahun 2009 yang mencapai 2880 pasien. Dijelaskan oleh Aman, diabetes tipe 1 merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan kerusakan pankreas sehingga tidak dapat memproduksi insulin. Karena itu anak harus mendapatkan suntikan insulin seumur hidupnya.
Gejala diabetes tipe 1 tidak begitu jelas dan baru diketahui pada tahap lanjut. Dengan deteksi dini dan pengelolaan penyakit yang tepat, anak dengan diabetes bisa hidup sehat dan normal.
Solusi Herbal:
  1. Rutinkan minum Gamat Emulsion 3x 1 tutup botol sehari, untuk regenerasi sel pankreas.
  2. Rutinkan minum K-Epicor 2x 1 kapsul sehari, untuk seimbangkan kekebalan tubuh.
  3. Rutinkan minum Spirulina 1x 1 sachet sehari, untuk bantu menurunkan kadar gula.
Pencegahan lebih murah dari pengobatan

Stroke Serang Anak


Rate This


Stroke tak hanya terjadi pada orang dewasa atau lanjut usia. Stroke dapat juga terjadi pada anak-anak maupun bayi. Angka kejadian stroke pada anak-anak sekitar 2 hingga 5 per 100.000 anak per tahun, sedangkan angka kejadiannya pada bayi mencapai 25 per 100.000 bayi per tahun.
Waspadalah jika anak Anda sering pusing, migrain atau sakit kepala di bagian tertentu, dan mata terasa berkunang-kunang. Apalagi bila 1 hingga 2 jam kemudian pusingnya semakin menjadi-jadi, bahkan disertai dengan muntah, kejang, dan hilang kesadaran. Tak ada yang bisa menyangka anak yang semula dapat berbicara dengan lancar akhirnya menjadi terbata-bata, gerak tubuhnya pun mendadak kaku dan menjadi lumpuh.
Gejala tersebut tak hanya dialami oleh anak-anak usia sekolah, melainkan juga pada bayi. Bayi tersebut biasanya akan rewel terus-menerus, tak mau minum susu, muntah, dan kejang. Selanjutnya diikuti dengan menurunnya kesadaran, lemas, bahkan kelumpuhan.
Jika si kecil memperlihatkan gejala-gejala klinis tersebut, sebaiknya orangtua segera membawanya ke dokter. Semua gejala tersebut merupakan pertanda adanya suatu ketidakberesan pada otak, yang sering dikenal dengan istilah stroke.
Berdasarkan penyebabnya, stroke dibedakan menjadi stroke perdarahan dan stroke bukan perdarahan (iskemik). Stroke iskemik berkaitan dengan adanya penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah di otak. Stroke ini paling banyak terjadi pada anak-anak. Penyebabnya antara lain, yaitu:
  1. Hipoksia atau kekurangan oksigen, misalnya pada bayi yang baru lahir. Kekurangan vitamin K yang dapat menyebabkan pembuluh darah mudah pecah, terutama pada bayi baru lahir. Kelainan jantung. Jantung yang bermasalah menyebabkan terganggunya suplai darah, zat makanan, dan oksigen ke otak. Hal itu dapat juga terjadi pada pasien pascaoperasi jantung.
  2. Benturan atau trauma kepala pada anak yang memungkinkan terjadinya perdarahan pada otak.
  3. Infeksi virus atau bakteri yang bisa menyebar ke otak, misalnya ensefalitis atau radang selaput otak.
  4. Kelainan pembuluh darah kongenital dimana pembuluh darah tersebut bisa pecah kapan saja.
  5. Kelainan pembekuan darah, misalnya kadar trombosit yang sangat rendah sehingga pembuluh darah mudah pecah.
  6. Penyakit seperti leukemia, tumor, dan sebagainya.
  7. Stres yang berdampak adanya tekanan pada aliran pembuluh darah, sehingga pembuluh darah akan menyempit dan terjadi sumbatan ke pembuluh darah otak. Kondisi itu dapat mempermudah terjadinya stroke.
Saudara juga bisa kunjungi alamat berikut  http://www.klinkstore.com/penyakit-dan-solusiny

Postingan populer dari blog ini

Sehat & Uang Bisnis K-Link

APLIKASI PUPUK BIOBOOST PADA TANAMAN

Kesehatan, Kebebasan Finansial danKebebasan Waktu